Pengertian Display Output
Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai berikut.
Tulisan
Image
Suara
Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker
Tulisan
Image
Suara
Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker
a.Monitor
Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah.
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan
Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah.
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan
b. Printer
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.
Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya :
Pin Dot matrix
Ink jet
Laser
Thermal
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu.
Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.
Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya :
Pin Dot matrix
Ink jet
Laser
Thermal
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu.
Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
c. Plotter
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
d. Speaker
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
Output Device
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.
Macam – macam Output device:
1.Monitor/Display
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
1.Monitor/Display
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
Pada umumnya, monitor yang pada saat ini menggunakan tabung sinar
katoda atau cathode ray tube (CRT). Dengan teknik scan-nya (raster scan
technique) bisa dihasilkan gambar pada layar monitor. Sinar elektron
yang dihasilkan akan bergerak secara cepat dan lurus serta bolak balik
dari atas kebawah melintasi bagian belakang monitor yang dilapisi
pospor. Pospor ini akan bersinar apabila ditembus sinar elektrone
tersebut hidup atau mati, sehingga gambar-gambar dapat dibentuk pada
layar monitor.
Begitu banyak dan cepatnya sinar ataupun spot yang terbentuk dari
hasil penembusan sinar elektrone yang diikuti oleh pembakaran phospor,
maka yang nampak dipermukaan seperti halnya pola huruf Z yang
bergerak-gerak. Pola seperti ini disebut sebagai “raster pattern”
Pada monitor jenis monochrome ataupun composite, hanya terdapat satu
sinar elektrone yang menembus phospor, sehingga pada monitor jenis ini
hanya bisa menampilkan satu warna saja, yaitu hitam putih atau hijau
hitam. Sedangkan untuk monitor berwarna, terdapat tiga titik yang bisa
menghasilkan warna merah, biru dan hijau jika ditembus oleh sinar
elektrone. Koordinasi yang dikendalikan oleh komputer dalam menembus
titik inilah yang menghasilkan gambar berwarna pada monitor.
Monitor berwarna jenis CGA (Color Graphic Adapter) mampu menampilkan
16 warna dengan resolusi 640X200. Untuk jenis EGA (Enhanced Graphic
Adapter), dalam menampilkan warna/ resolusi mempunyai kemampuan yang
lebih tinggi jika dibanding CGA. Sedangkan jenis VGA ataupun Super VGA
(Video Graphic Array) memiliki kemampuan untuk menampilkan 16 warna pada
modus text dan 256 warna pada modus grafik.
Salah satu kecenderungan yang berkembang di-industri monitor adalah
penggunaan layar datar (flat-screen) baik untuk monitor berbasis CRT
(Cathode Ray Tube) ataupun yang berbasis LCD (Liquid Cristal Display).
Dibanding monitor CRT, tampilan LCD menjadi lebih nyaman, tidak ada
distorsi dan gambar menjadi lebih jelas
LCD juga menggunakan tiga jenis layar fosfor dan sebuah lapisan celah
yang berbeda. Lapisan celah yang ditempatkan didepan layar fosfor ini
ada tiga jenis, yaitu dot mask, grille mask dan slit mask. Dot flat
dibuat dari lembaran khusus, inver-steel dan dibentuk melengkung seperti
layar bagian dalam. Lobang-lobang yang dilalui electron pada dot-mask
berbentuk titik-titik bulat dimana dot-pitch dihitung dari jarak antar
titik.
Grill mask terdiri dari kabel vertical tipis yang ditegangkan. Ciri
dari lapisan celah tipe ini adalah adanya dua kabel yang ditempatkan
secara horinzontal. Tujuannya untuk menjaga kabel vertical agar tidak
bergelombang akibat vibrasi yang dapat membuat gambar terdistrosi.
Keuntungan dari grille mask adalah tampilan kontras focus yang lebih
baik. Karena adanya fosfor yang bercahaya, energi yang dibutuhkan untuk
menghasilkan efek terang lebih sedikit. Akibatnya setiap pixel fosfor
teradiasi lebih sedikit sehingga tampilan kontrasnya menjadi lebih baik.
Perpaduan antara kerja dot mask dan grille mask adalah slit mask
2.Printer
Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun grafik didalam media kertas. Banyak sekali jenis printer yang bisa dijumpai, baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas ataupun teknik peng-operasiannya.
Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun grafik didalam media kertas. Banyak sekali jenis printer yang bisa dijumpai, baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas ataupun teknik peng-operasiannya.
3.Speaker
Speaker merupakan media output yang berikut bagi komputer. Rekaman suara merupakan jenis output device yang dihasilkan oleh komputer generasi mutakhir dengan menggunakan pelbagai peralatan audio message.
"Keyboard dan Mouse"Speaker merupakan media output yang berikut bagi komputer. Rekaman suara merupakan jenis output device yang dihasilkan oleh komputer generasi mutakhir dengan menggunakan pelbagai peralatan audio message.
1. Keyboard
Keyboard merupakan alat input standar yang sangat esensial pada sebuah PC. Tahukah Anda kapan keyboard atau papan ketik pertama kali ditemukan? Jawabannya adalah pada tahun 1864 yang kemudian dipatenkan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868. Keyboard yang kita kenal sekarang ini memiliki nama resmi QWERTY yang diambil dari enam huruf pertama pada “home row”. Home row sendiri merupakan istilah untuk deretan alfabet kedua (posisinya di tengah) keyboard. Di deretan inilah seharusnya user atau juru ketik menempatkan jari-jarinya jika sedang tidak mengetik.Lalu, kenapa tombol-tombol alfabet pada keyboard ditempatkan secara acak? Alasannya adalah untuk memperlambat pengetikan. Kenapa? Pada awalnya mesin ketik dibuat senyaman mungkin untuk penggunanya, tetapi akibatnya para pengguna malah dapat mengetik dengan kecepatan tinggi. Hal ini membuat pengait-pengait karakter pada mesin ketik menjadi sering tersangkut. Setelah beberapa bulan mencari cara untuk mengatasi sering menyangkutnya pengait tersebut, Sholes mengacak posisi alfabet pada mesin ketik seperti sekarang ini. Dan setelah teknologi mesin ketik berkembang ke mesin ketik elektrik sampai ke komputer, urutan alfabet yang acak tersebut tetap digunakan.Untuk komputer, keyboard pertama kali digunakan pada tahun 1964. Sebuah perangkat yang dibuat oleh MIT, Bell Laboratories, dan General Electric yang disebut Mulitics berhasil menggabungkan video display terminal (monitor CRT saat ini) dengan mesin ketik elektrik. Layout Qwerty temuan Christopher Latham Sholes tetap digunakan, meski pada keyboard saat ini, sejumlah function keys sudah diimplementasikan.
Cara Kerja
Keyboard
merupakan peralatan magnetic yang digunakan untuk menginput teks dan
juga untuk mengontrol pengoperasian komputer. Tombol-tombol yang
berbentuk kotak yang disusun padanya. Tombol-tombol tersebut mempunyai
huruf atau simbol yang tercetak di atasnya yang menunjukkan huruf atau
simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila ditekan. Selain itu bila
kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya bersamaan, kita kadang
akan mendapatkan fungsi atau input khusus.Beberapa alat telah mengadopsi
aplikasi keyboard. Beberapa diantaranya yaitu cell phone. Yang paling
menyerupai keyboard adalah PDA, nokia communicator 9900, sony ericson
P900 dan beberapa jenis diantaranya. Selain itu, adapula beberapa mesin
ATM yang mengadopsi atau menggunakan keyboard.Adapun cara kerja dari
keyboard tersebut antara lain sebagai berikut:1. Ketika tombol ditekan,
tombol tersebut akan menekan sebuah karet yang ada dibawah tombol
tersebut.2. Karet tersebut terhubung dengan sebuah chip yang mana akan
mentransmisikan sinyal yang didapat ketika tombol ditekan.3. Sinyal yang
ditransmisikan berbentuk kode-kode biner.4. Data yang berbentuk biner
tersebut akan digenerate oleh chip komputer.5. Setelah digenerate akan
ditampilkan kembali menjadi tampilan asli berbentuk huruf pada layar
monitor.
Jenis – Jenisnya
Ada
berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang
paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya
merupakan tata letak mesin ketik yang paling populer.Keyboard terdiri
dari 101 tombol untuk tipe standarnya. Untuk windows keyboard, tombol
yang ada sebanyak 104 tombol. Pada tahun 1990-an, di Amerika diciptakan
sebuah keyboard yang mempunyai kemampuan untuk mempermudah pengguna
untuk terkoneksi dengan internet dengan hanya menekan 1 tombol. Keyboard
tersebut dikenal dengan sebutan “internet keyboard”.Keyboard mempunyai
beberapa perbedaan dalam koneksinya. Ada yang menggunakan kabel, yaitu
dengan menggunakan koneksi USB atau PS/2. Dan ada pula yang tidak
menggunakan kabel, yang dikenal dengan sebutan Cordless Keyboard. Yaitu
menggunakan sinar infrared atau Bluetooth.Adapun jenis-jenis keyboard
yang lain, yaitu:
QWERTY
Keyboard ini mempunyai empat bagian, yaitu:
1. Typewriter Key
→ terdiri atas alphabet dan tombol lainnya seperti: Back Space, Caps
Lock, Delete, Esc, End, Enter, Home, Insert, Page Up, Page Down, Tab.
2. Numeric Key
→ terletak di sebelah kanan keyboard. Tombol ini terdiri atas angka dan
arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala, maka tombol ini
berfungsi sebagai angka. Sedangkan, jika lampu indikator num lock mati,
maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
→ terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini terdiri dari F1
sampai F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program
komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
→ tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan
mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.
Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key,
untuk menggerakkan kursor menekan bersamaan Ctrl dan arrow key.
DVORAK
Sebenarnya
ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut
saja ASK (American Simplified Keyboard), umum disebut DVORAK yang
ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940.Secara penelitian
saat itu, susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih
efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk
karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi
dunia saat itu dan mereka tidak mau menanggung resiko rusuh apabila
mengganti ke susunan keyboard DVORAK. Satu-satunya pengakuan adalah
datang dari ANSI (American National Standard Institute) yang menyetujui
susunan keyboard DVORAK sebagai versi alternatif di sekitar Tahun 1970.
KLOCKENBERG
Dibuat
dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu
dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian
kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat
miring ke bawah. Selain dari pada itu, keyboard Klockenberg
tombol-tombolnya dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga
terasa lebih nyaman untuk bekerja. Keyboard Klockenberg tampak lucu
karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya dan relatif lebih banyak
memakan ruang. Walaupun demikian keyboard Klockenberg sudah lebih baik
dalam hal pengurangan beban pada jari dan lengan, sehingga nyeri otot
pada bahu dan pergelangan sangat sedikit.
Dari
ketiga macam keyboard tersebut di atas, ternyata keyboard QWERTY yang
tetap diusulkan sebagai keyboard resmi. Hal ini diperkuat dengan
keputusan Amerika Serikat melalui Standard Institute pada tahun 1968 dan
melalui ISO pada tahun 1971 yang menetapkan untuk tetap menggunakan
keyboard QWERTY. Keputusan ini lebih banyak berdasarkan pada masalah
ekonomi yaitu mengurangi biaya pelatihan baru bila harus memakai
keyboard jenis Klockenberg maupun jenis Dvorak, sehingga masalah nyeri
otot masih tetap akan muncul pada pemakaian keyboard QWERTY.
2. Mouse
2. Mouse
Mouse,
atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut tetikus, sering kita
gunakan sehari-hari. Mouse pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart
dari Stanford Research Institute pada tahun 1963. Mouse adalah satu
dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yang dikembangkan untuk
online System (NLS) milik Engelbard. Selain mouse, yang pada mulanya
disebut “bug”, juga dikembangkan beberapa alat pendeteksi gerakan tubuh
yang lain, misalnya alat yang diletakkan di kepala untuk mendeteksi
gerakan dagu. Karena kenyamanan dan kepraktisannya, mouse-lah yang
dipilih. Mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda
yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y.
Engelbard kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama
Penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator
For A Display System). Pada waktu itu, sebetulnya Engelbard bermaksud
pengguna memakai mouse dengan satu tangan secara terus-menerus,
sementara tangan lainnya mengoperasikan alat seperti keyboard dengan
lima tombol.
MOUSE BOLA
Perkembangan
selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun
1970. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian
putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor didalam mouse
tersebut. Pengembangan tipe ini kemudian melahirkan mouse tipe
Trackball, yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola
dengan jari, yang populer antara tahun 1980 sampai 1990. Xerox PARC juga
mempopulerkan penggunaan keyboard QWERTY dengan dua tangan dan
menggunakan mouse pada saat dibutuhkan saja. Mouse saat ini mengikuti
desain École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) yang
diinspirasikan oleh Professor Jean-Daniel Nicoud.
MOUSE OPTIKAL
Selain
mouse bola, saat ini banyak digunakan mouse optikal. Mouse optikal
lebih unggul dari mouse bola karena lebih akurat dan perawatannya lebih
mudah dibandingkan mouse bola. Mouse optikal tidak perlu dibersihkan,
berbeda dengan mouse bola yang harus sering dibersihkan karena banyak
debu yang menempel pada bolanya. Mouse optikal pertama dibuat oleh Steve
Kirsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse jenis ini menggunakan LED
(light emitting diode) dan photo dioda untuk mendeteksi gerakan mouse.
Mouse optikal pertama hanya dapat digunakan pada alas (mousepad) khusus
yang berwarna metalik bergaris-garis biru--abu-abu. Mouse optikal saat
ini dapat digunakan hampir di semua permukaan padat dan rata, kecuali
permukaan yang memantulkan cahaya. Mouse optikal saat ini bekerja dengan
menggunakan sensor optik yang menggunakan LED sebagai sumber penerangan
untuk mengambil beribu-ribu frame gambar selama mouse bergerak.
Perubahan dari frame-frame gambar tersebut diterjemahkan oleh chip
khusus menjadi posisi X dan Y yang kemudian dikirim ke komputer.
MOUSE LASER
Mouse
laser pertama kali diperkenalkan oleh Logitech, perusahaan mouse
terkemuka yang bekerja sama dengan Agilent Technologies pada tahun 2004,
dengan nama Logitech MX 1000. Logitech mengklaim bahwa mouse laser
memilki tingkat akurasi 20 kali lebih besar dari mouse optikal. Dasar
kerja mouse optikal dan mouse laser hampir sama, perbedaannya hanya
penggunaan laser kecil sebagai pengganti LED digunakan oleh mouse
optikal. Saat ini mouse laser belum banyak digunakan, mungkin karena
harganya yang masih mahal.Dari semua perkembangan mouse, yang tidak
banyak berubah adalah jumlah tombolnya. Semua mouse memiliki tombol
antara satu sampai tiga buah. Mouse pertama memiliki satu tombol.
Kebanyakan mouse saat ini, yang didesain untuk Microsoft Windows,
memiliki dua tombol. Beberapa mouse modern juga memiliki sebuah Wheel
untuk mempermudah scrolling. Sementara itu, Apple memperkenalkan mouse
satu tombol, yang tidak berubah hingga kini.Mouse modern juga Mouse
modern juga sudah banyak yang tanpa kabel, yaitu menggunakan teknologi
wireless seperti Infra Red, gelombang radio ataupun Bluetooth. Mouse
wireless yang populer saat ini menggunakan gelombang radio ataupun
Bluetooth. Sedangkan mouse yang menggunakan Infra Red kurang begitu
populer karena jarak jangkauannya yang terbatas, selain itu juga kurang
praktis karena antara mouse dan penerimanya tidak boleh terhalang.
Cara Kerja
Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan “Mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).Jika kita hanya menggerakkan pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horisontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan. Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang tidak penting.Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain dan terdapat kemungkinan lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam port yang terdapat di CPU komputer.
Jenis – Jenisnya
Mouse
berfungsi sebagai penggerak kursor pada layar monitor. Sampai saat ini
dibuat telah ada 4 jenis koneksi/penghubung mouse ke komputer yaitu :
1. Standard Serial Mouse.
2. PS2
3. USB
4. Wireless/Nirkabel/tanpa kabel
I.
Ada 2 jenis mouse yang beredar di pasaran yaitu mouse bola dan mouse
sinar. Mouse bola dapat dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu tracking ball
dan mouse biasa. Cara kerja mouse tracking ball adalah dengan
menggerakkan bolanya secara langsung sedangkan mouse biasa dengan
menggerakkannya. Mouse sinar bekerja dengan cara menggunakan sinar infra
merah yang ditembakkan ke atas keping khusus. sinar ini digunakan untuk
membaca kecepatan perubahan objek tersebut kemudian diadakan
penyesuaian dengan kecepatan dan arah pergerakan cursor pada monitor.
Yang termasuk jenis ini adalah mouse ballpoint berbentuk pena. Selain
itu mouse juga dikenal ada yang bertombol 2 dan ada yang bertombol 3.
Umumnya program-program aplikasi menggunakan standar tombol mouse 2
yaitu Microsoft Mouse, tetapi sekarang banyak yang beredar mouse dengan
pilihan 3 tombol dan disamping itu kadang program aplikasi menyediakan
pilihan apakah akan memakai mouse bertombol 2 atau 3.
II.
Sebelum menggunakan mouse, perlu diinstall softwarenya terlebih dahulu.
Umumnya program mouse yang digunakan khusus untuk mouse tertentu saja
sesuai dengan keluaran produksinya. Program tersebut bisa berbentuk
execute program ataupun berbentuk device driver. Mouse dihubungkan
secara hardware pada port I/O serial (COM) yang bisa dipilih pada saat
diinstall.
III.
Pengaksesan mouse dapat dilakukan melalui interupsi INT 33 H dari
software mouse dan INT 15 H fungsi C2 H dari interupsi BIOS. INT 15 H
hanya diperuntukkan komputer IBM PS/2 dan penggunaannya tidak kompatibel
untuk komputer jenis lain.
PERIPHERAL (PERANGKAT KERAS KOMPUTER)
PERIPHERAL (PERANGKAT KERAS KOMPUTER)
Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik koputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Bagian papan induk (motherboard) dari suatu perangkat keras komputer
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmwame karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
- papan siste/papan induk yang merupakan tempat cpu, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
- ram – tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
- Buses: PCI (kependekan dari bahasa inggris Peripheral Component Interconnect) adalah bus
yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. PCI juga
adalah suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor independent
bus itu dadpat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus perifera. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan bus isa/eisa yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.
Peripheral komputer merupakan peralatan tambahan komputer yang dibutuhkan untuk keperluan – keperluan lain. Misalnya koneksi jaringan, mencetak, atau mengambil gambar. Peripheral tersebut meliputi Printer, Scanner, Modem, Network Card, dan lain sebagainya. Instalasi peripheral meliputi instalasi secara fisik dan instalasi secara software. Instalasi fisik meliputi pemasangan peripheral dengan baik dan benar, dan instalasi software meliputi pengenalan peripheral terhadap sistem operasi yaitu dengan menginstall driver yang dibutuhkanKonektor fisik peripheral melalui port :v Serialv Paralelv PS/2v USBv SerialMerupakan standar konektor & protokol yang digunakan untuk Mengkoneksikan peralatan. Transfer data sebanyak 8 bit dlm suatu waktu dilakukan secara serial.v ParalelMerupakan interface hardware yang sering digunakan pada printer dimana transfer data sebanyak 8 bit dalam satu waktu secara parallelv PS/2Merupakan interface hardware yang digunakan untuk Mengkoneksikan mouse dengan keyboard.v Universal Serial BusUSB merupakan interface hardware untuk mengkoneksikanperiferal dengan kecepatan tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar